KD. 2.3
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Mata Pelajaran : Bahasa Inggris
Kelas/Semester :
XI/3
Pertemuan Ke- :
16-20
Alokasi Waktu :
10x45 menit
Standar Kompetensi :
Berkomunikasi
dengan Bahasa Inggris setara level
Elementary
Kompetensi Dasar : K.D.2.3. Merinci tugas
pekerjaan dan latar belakang pendidikan yang dimilikinya secara lisan dan
tulisan.
Indikator :
Aspek
|
Indikator
|
Nilai PBKB yang dikembangkan
|
Kognitif
|
Bentuk kata kerja
digunakan dalam Simple Present
dengan tepat untuk menerangkan tugas dan pekerjaan berbagai macam profesi.
|
Bersahabat /
Komunikatif
|
Psikomotorik
|
Bentuk kata kerja
digunakan dalam Simple Past dengan
tepat untuk menerangkan latar belakang pendidikan berbagai macam profesi.
|
Mandiri
|
Afektif
|
Curriculum Vitae yang
sederhana ditulis dengan benar.
Berbagai ungkapan
digunakan dengan tepat untuk menjelas-kan fakta dan angka (facts and figures) pada suatu sajian
data.
|
Mandiri
|
I.
Tujuan
Pembelajaran
Siswa dapat :
A. Memahami bentuk kata kerja digunakan dalam Simple Present dengan tepat untuk menerangkan tugas dan pekerjaan
berbagai macam profesi.
B. Memahami bentuk kata kerja digunakan dalam Simple Past dengan tepat untuk menerangkan latar belakang pendidikan
berbagai macam profesi.
C. Membuat Curriculum Vitae
yang sederhana ditulis dengan benar.
D. Menggunakan berbagai ungkapan digunakan dengan tepat untuk
menjelas-kan fakta dan angka (facts and
figures) pada suatu sajian data.
II.
Materi
Pokok
A. Language Focus
1. Samples of curriculum vitae
2. Expressing facts and figures :
a.
The
graph shows that population growth has been high this last decade.
b. The latest data show that about three billion rupiahs have been
spent for the construction of the factory.
B. Grammar Review
1. Telling about people’s job using the Simple present tense:
a.
A
chef prepares food.
b. Pilots fly airplanes.
2. Telling about people’s educational background using the Simple
past tense.
a.
She
graduated from SMKN 8 Bandung.
b. The new secretary learned shorthand at the college.
III.
Metode
Pembelajaran
A. Model pembelajaran : Role Play (bermain peran), Latihan
B. Metode : Ceramah, Tanya jawab
IV.
Kegiatan
Pembelajaran
Pertemuan ke 16
A. Kegiatan
Awal (±10 menit)
1. Guru
memberikan salam kepada siswa.
2. Guru
memeriksa kehadiran siswa.
3. Guru
memeriksa tugas rumah siswa yang telah diberikan pada pertemuan sebelumnya dan
membahasnya.
Nilai PBKB yang diharapkan: Religius,
Disiplin, Tanggung jawab
B. Kegiatan
Inti (±65 menit)
1. Eksplorasi
(±10 menit)
Guru
me-review materi yang telah dijelaskan pada pertemuan sebelumnya dengan cara
bertanya kepada siswa secara acak.
Nilai PBKB yang diharapkan:Disiplin,
Demokratis
2. Elaborasi
(±45 menit)
a.
Siswa melengkapi
dialog (tentang profesi) yang telah dipersiapkan oleh guru.
b. Siswa
mempraktikkan dialog di depan kelas.
Nilai PBKB yang diharapkan: Kreatif,
Mandiri
3. Konfirmasi
(±10 menit)
Siswa
membuat karangan/deskripsi tentang suatu profesi, tugas, dan tempatnya bekerja.
Nilai PBKB yang diharapkan: Kreatif
C. Kegiatan
Akhir (±15 menit)
1. Guru
memeriksa dan membahas hasil kerja siswa.
2. Guru
memberikan tugas rumah kepada siswa.
3. Guru
menyampaikan materi yang akan dibahas pada pertemuan selanjutnya dan meminta
siswa untuk mempersiapkan/mempelajari materi.
4. Guru
menutup/mengakhiri pelajaran tersebut dengan mengucapkan salam kepada para
siswa sebelum keluar kelas dan siswa menjawab salam.
Nilai PBKB yang diharapkan:Religius,
Disiplin, Komunikatif
Pertemuan ke 17
A. Kegiatan
Awal (±10 menit)
1. Guru
memberikan salam kepada siswa.
2. Guru
memeriksa kehadiran siswa.
3. Guru
membahas tugas rumah yang telah diberikan pada pertemuan sebelumnya.
4. Guru
menyampaikan materi yang akan dibahas dan tujuan pembelajaran.
5. Guru
memberikan apersepsi dengan cara memberikan pertanyaan kepada siswa kemudian
siswa menjawabnya.
Nilai PBKB yang diharapkan: Religius,
Disiplin, Tanggung jawab, Komunikatif
B. Kegiatan
Inti (±65 menit)
1. Eksplorasi
(±10 menit)
a. Guru
meminta siswa menyebutkan latar pendidikan dari suatu profesi.
b. Guru
membuat contoh kalimat tentang latar pendidikan dari suatu profesi dengan
menggunakan pola kalimat Simple Past
Tense.
Nilai PBKB yang diharapkan: Komunikatif
2. Elaborasi
(±45 menit)
a. Guru
menjelaskan dan memberikan contoh pola kalimat Simple Past Tense kemudian siswa mencatatnya.
b. Siswa
mengerjakan latihan-latihan soal.
Nilai PBKB yang diharapkan: Komunikatif
3. Konfirmasi
(±10 menit)
Siswa
membaca bacaan/teks yang telah disediakan oleh guru kemudian menjawab
pertanyaan-pertanyaan yang berkaitan dengan bacaan.
Nilai PBKB yang diharapkan: Mandiri,
Gemar membaca
C. Kegiatan
Akhir (±15 menit)
1. Guru
memeriksa dan membahas hasil kerja siswa.
2.
Guru memberikan
tugas rumah.
3.
Guru
menutup/mengakhiri pelajaran tersebut dengan mengucapkan salam kepada para
siswa sebelum keluar kelas dan siswa menjawab salam.
Nilai PBKB yang diharapkan: Religius,
Disiplin, Tanggung jawab
Pertemuan ke 18
A. Kegiatan
Awal (±10 menit)
1. Guru
memberikan salam kepada siswa.
2. Guru
memeriksa kehadiran siswa.
3. Guru
memeriksa dan membahas tugas rumah yang telah diberikan pada pertemuan
sebelumnya.
Nilai PBKB yang diharapkan: Religius,
Disiplin, Tanggung jawab
B. Kegiatan
Inti (±65 menit)
1. Eksplorasi
(±10 menit)
a. Guru
meminta siswa menyebutkan latar pendidikan dari suatu profesi.
b. Guru
membuat contoh kalimat tentang latar pendidikan dari suatu profesi dengan
menggunakan pola kalimat Simple Past
Tense.
Nilai PBKB yang diharapkan: Kreatif,
Komunikatif
2. Elaborasi
(±45 menit)
a. Guru
menjelaskan dan memberikan contoh pola kalimat Simple Past Tense kemudian siswa mencatatnya.
b. Siswa
mengerjakan latihan-latihan soal.
Nilai PBKB yang diharapkan: Disiplin,
Komunikatif
3. Konfirmasi
(±10 menit)
Siswa
membaca bacaan/teks yang telah disediakan oleh guru kemudian menjawab
pertanyaan-pertanyaan yang berkaitan dengan bacaan.
Nilai PBKB yang diharapkan: Gemar
membaca
C. Kegiatan
Akhir
1. Guru
memeriksa dan membahas hasil kerja siswa.
2. Guru
memberikan tugas rumah.
3. Guru
menutup/mengakhiri pelajaran tersebut dengan mengucapkan salam kepada para
siswa sebelum keluar kelas dan siswa menjawab salam.
Nilai PBKB yang diharapkan: Religius,
Kreatif, Tanggung jawab
Pertemuan ke 19
A. Kegiatan
Awal (±10 menit)
1. Guru
memberikan salam kepada siswa.
2. Guru
memeriksa kehadiran siswa.
3. Guru
memeriksa dan membahas tugas rumah yang telah diberikan pada pertemuan
sebelumnya.
Nilai PBKB yang diharapkan: Religius,
Disiplin, Tanggung jawab
B. Kegiatan
Inti (±65 menit)
1. Eksplorasi
(±10 menit)
Guru
me-review materi yang telah dijelaskan pada pertemuan sebelumnya dengan cara
bertanya kepada siswa secara acak.
Nilai PBKB yang diharapkan: Demokratis,
Komunikatif
2. Elaborasi
(±45 menit)
Guru
menjelaskan dan memberikan contoh curriculum
vitae kepada siswa.
Nilai PBKB yang diharapkan: Komunikatif
3. Konfirmasi
(±10 menit)
Siswa
membuat curriculum vitae tentang
dirinya sendiri.
Nilai PBKB yang diharapkan: Mandiri
C. Kegiatan
Akhir (±15 menit)
1. Guru
memeriksa dan membahas hasil/kerja siswa.
2. Guru
menyampaikan materi yang akan dibahas pada pertemuan selanjutnya dan meminta
siswa untuk mempersiapkan/mempelajari materi.
3. Guru
menutup/mengakhiri pelajaran tersebut dengan mengucapkan salam kepada para
siswa sebelum keluar kelas dan siswa menjawab salam.
Nilai PBKB yang diharapkan: Religius,
Kreatif, Tanggung jawab
Pertemuan ke 20
A. Kegiatan
Awal (±10 menit)
1. Guru
memberikan salam kepada siswa.
2. Guru
memeriksa kehadiran siswa.
3. Guru
memeriksa dan membahas tugas rumah yang telah diberikan pada pertemuan
sebelumnya.
4. Guru
menyampaikan materi yang akan dibahas dan tujuan pembelajarannya.
5. Guru
memberikan apersepsi dengan cara memberikan pertanyaan kepada siswa kemudian
siswa menjawabnya.
Nilai PBKB yang diharapkan: Religius,
Disiplin, Komunikatif, Tanggung jawab
B. Kegiatan
Inti (±65 menit)
1. Eksplorasi
(±10 menit)
Guru membacakan kalimat yang mengandung ungkapan untuk menjelaskan fakta dan angka (facts and figures) pada suatu sajian
data, kemudian siswa menulisnya.
Nilai PBKB yang diharapkan: Komunikatif
2. Elaborasi
(±45 menit)
a.
Siswa membaca
dan memahami bacaan/teks yang mengandung ungkapan
untuk menjelaskan fakta dan angka (facts
and figures) pada suatu sajian data, kemudian menjawab pertanyaan.
b. Guru
menjelaskan ungkapan untuk menjelaskan fakta dan
angka (facts and figures) pada suatu
sajian data.
Nilai PBKB yang diharapkan: Komunikatif, Gemar membaca
3. Konfirmasi
(±10 menit)
Siswa menjelaskan fakta dan angka dari
suatu data.
Nilai
PBKB yang diharapkan: Kreatif
C. Kegiatan
Akhir (±15 menit)
1.
Guru memeriksa hasil
kerja siswa.
2.
Guru
menyampaikan bentuk ulangan harian dan waktu pelaksanaan ulangan harian.
3.
Guru
menutup/mengakhiri pelajaran tersebut dengan mengucapkan salam kepada para
siswa sebelum keluar kelas dan siswa menjawab salam.
Nilai
PBKB yang diharapkan: Religius, Kreatif, Tanggung jawab
V.
Penilaian
A. Soal
1.
Change
into Simple Present Tense.
1) I
go to school everyday.
(-)...............................
(?)................................
2) Marry
tells us the latest news about Andi.
(-).................................
(?)................................
3) Dian
doesn’t wear school uniform today.
(+).................................
(?).................................
4) Does
the bus run so fast in the accident?
(+)..................................
(-).................................
5) Do
you know that Edi get an accident?
(+)..................................
(-)..................................
2.
Change
into Simple Past Tense!
1) Anton
attended the seminar last week.
(-)..................................
(?)..................................
2) The
manager didn’t visit the employees yesterday.
(+).................................
(?).................................
3) Father
got a bonus last month.
(-)...................................
(?)..................................
4) They
didn’t bring vehicles on the journey last week.
(+).................................
(?).................................
5) Did
mother cook the meal
yesterday?
(+)................................
(-).................................
B. Kunci Jawaban
1.
Change into Simple Present Tense!
1) (-) I don’t fo to school.
(?) Do I go to school?
2) (-) Marry doesn’t tell us the latest news about
Andi.
(?) Does marry tell us the
latest news about Andi?
3) (+) Dian wears school uniform today.
(?) Does Dian wear
school uniform today?
4) (+) The bus runs so fast in the accident.
(-) The bus doesn’t
run so fast in the accident.
5) (+) You know that Edi get an accident.
(-) You don’t know
that Edi get an accident.
2.
Change into Simple Past Tense!
1)
(-) Anton didn’t attend the seminar last week.
(?) Did Anton
attend the seminar last week?
2)
(+) The manager visited the employees yesterday.
(?) Did the manager
visited the employees yesterday?
3)
(-) Father didn’t get bonus last month.
(?) Did father get
bonus last month?
4)
(+) They brought vehicles on the journey last week.
(?) Did they bring
vehicles on the journey last week?
5)
(+) Mother cooked the meal yesterday.
(-) Mother didn’t
cooked the meal yesterday.
C. Rubrik Penilaian
NO
|
KETERANGAN
|
Skor
(1-10)
|
Nilai
|
Keterangan
|
1
|
Change into Simple
Present Tense!
|
10
|
Syarat lulus, siswa minimal mencapai nilai 75
|
|
2
|
Change into Simple
Present Tense!
|
10
|
||
Jumlah
|
20
|
VI.
Alat
dan Bahan
A.
LCD Proyektor F.
Buku
Cerita
B.
Laptop Audio G.
Cerita
C.
Speaker Visual: H.
Gambar
D.
VCD Audio Visual
I.
Video
E.
Gambar
VII.
Sumber
Belajar
A. Departemen
Pendidikan Nasional, 2000, Global Access to the World of Work
Book 2, 3. Sawangang: PPPGK.
B. Wiyono, Tri Suko
Bambang, dkk. 2004. Pelajaran Bahasa Inggris untuk SMK Kelas
2. Jakarta: Balai Pustaka.
C. Taparena, Datik dan
Supadmi. 2011. Modul Prasasti Bahasa Inggris Kelas XI. Surakarta: Kharisma Putra.
D.
Suryana, Nanan. 2007. Bring Me To The World of a
Professional Worker English For Vocational School Book 2. Jakarta: Armico.
Mengetahui, .....................................
Kepala
Sekolah Guru
Mata Pelajaran
.......................... .......................................
Tidak ada komentar:
Posting Komentar