KD. 2.5
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Mata Pelajaran : Bahasa Inggris
Kelas/Semester : XI/4
Pertemuan Ke- : 1-16
Alokasi Waktu : 32x45 menit
Standar Kompetensi : Berkomunikasi dengan Bahasa Inggris
setara level Elementary
Kompetensi Dasar : K.D.2.5.Mengungkapkan berbagai macam
maksud hati.
Indikator :
Aspek
|
Indikator
|
Nilai PBKB yang dikembangkan
|
Kognitif
|
Ungkapan-ungkapan untuk menyampaikan undangan digunakan dengan
tepat.
Ungkapan-ungkapan untuk melakukan tawar-menawar (bargaining) digunakan dengan tepat.
|
Bersahabat /
Komunikatif
|
Psikomotorik
|
Ungkapan-ungkapan untuk menyatakan kepastian (certainty) digunakan dengan tepat.
Ungkapan-ungkapan untuk memberi dan merespon pujian digunakan
dengan tepat.
|
Bersahabat /
Komunikatif
|
Afektif
|
Ungkapan-ungkapan untuk menyatakan pendapat/opini digunakan
dengan tepat.
Ungkapan-ungkapan untuk menyatakan persetujuan (agreeiing-disagreeing) digunakan
dengan tepat.
|
Bersahabat / Komunikatif
|
I.
Tujuan
Pembelajaran
Siswa dapat :
A.
Menggunakan
ungkapan-ungkapan untuk menyampaikan undangan digunakan dengan tepat.
B.
Menggunakan
ungkapan-ungkapan untuk melakukan tawar-menawar (bargaining) digunakan dengan tepat.
C.
Menggunakan
ungkapan-ungkapan untuk menyatakan kepastian (certainty) digunakan dengan tepat.
D.
Menggunakan
ungkapan-ungkapan untuk memberi dan merespon pujian digunakan dengan tepat.
E.
Menggunakan
ungkapan-ungkapan untuk menyatakan pendapat/opini digunakan dengan tepat.
F.
Menggunakan
ungkapan-ungkapan untuk menyatakan persetujuan (agreeiing-disagreeing) digunakan dengan tepat.
G.
Menggunakan
ungkapan-ungkapan untuk menyatakan argumentasi digunakan dengan benar.
II.
Materi
Pembelajaran
A. Language Focus
1. Giving invitations
a.
Would
you like to come to my place for dinner tonight, please?
b. With pleasure.
c.
I’m
afraid I can’t, I’ve already got an appointment.
2. Bargaining
a. Is there any discount for this shirt?
b. How about fifty thousand rupiahs?
3. Expressing certainty
a.
I’m
sure that it’s going to rain this afternoon.
b. It must be him who called.
4. Giving and responding to compliments
a.
Fantastic!
b. You look beautiful tonight.
c.
Thank
you.
5. Expressing opinions
a.
I
think that’s not true.
b. What I have in my mind is that ....
6. Expressing agreement/ disagreement:
a.
You’re
right.
b. I’m afraid you’ve got wrong information, Sir.
7. Expressing argument
a.
Yes,
but don’t forget ...
b. That may be so but ...
B. Grammar Review
1. Conjunctions/concessive relationship.
2. Constructions with “used to”:
a.
be/get
used to + V-ing
b. used to + Verb 1
3. Noun clause as object:
I never believe that there will be another rationalization.
III.
Metode
Pembelajaran
A.
Model pembelajaran :
Role Play (bermain peran), Latihan
B.
Metode : Ceramah, Tanya jawab, Hafalan, Audiolingual
IV.
Langkah-langkah
Pembelajaran
Pertemuan
ke
1
A. Kegiatan
Awal (±10 menit)
1. Guru
memberikan salam kepada siswa.
2. Guru
memeriksa kehadiran siswa.
3. Guru
menjelaskan sistem pembelajaran, penugasan, dan penilaian semester genap.
4. Guru
menyampaikan materi yang akan dibahas dan tujuan pembelajaran.
Nilai PBKB yang diharapkan: Religius,
Disiplin, Komunikatif
B. Kegiatan
Inti (±65 menit)
1. Eksplorasi
(±10 menit)
Guru membacakan ekspresi penyampaian undangan/invitation, dan siswa menulisnya.
Nilai PBKB yang diharapkan: Komunikatif
2. Elaborasi
(±45 menit)
Guru membacakan dialog sederhana tentang invitation, siswa memperhatikan kemudian
menjawab pertanyaan berdasarkan dialog yang telah dibacakan oleh guru.
Nilai PBKB yang diharapkan: Kreatif, Komunikatif
3. Konfirmasi
(±10 menit)
Guru menjelaskan ekspresi-ekspresi yang digunakan
untuk menyampaian undangan/invitation
dalam bentuk formal dan informal dan ekspresi responnya.
Nilai PBKB yang diharapkan:
Komunikatif
C. Kegiatan
Akhir (±15 menit)
1. Guru
memeriksa hasil kerja siswa.
2. Guru
memberikan tugas rumah.
3. Guru
menutup/mengakhiri pelajaran tersebut dengan mengucapkan salam kepada para
siswa sebelum keluar kelas dan siswa menjawab salam.
Nilai PBKB yang diharapkan: Religius, Menghargai prestasi,
Tanggung jawab
Pertemuan
ke
2
A. Kegiatan
Awal (±10 menit)
1. Guru
memberikan salam kepada siswa.
2. Guru
memeriksa kehadiran siswa.
3. Guru
memeriksa tugas rumah siswa yang telah diberikan pada pertemuan sebelumnya dan
membahasnya.
4. Guru
menyampaikan materi yang akan dibahas dan tujuan pembelajaran.
Nilai PBKB yang diharapkan: Religius,
Disiplin, Komunikatif
B. Kegiatan
Inti (±65 menit)
1. Eksplorasi
(±10 menit)
Guru menjelaskan ekspresi-ekspresi yang digunakan
untuk menyampaian undangan/invitation
dalam bentuk formal dan informal dan ekspresi responnya.
Nilai PBKB yang diharapkan:
Komunikatif
2. Elaborasi
(±45 menit)
a.
Siswa membuat
dialog tentang penyampaian undangan dan merespon undangan.
b.
Siswa
mempraktikkan dialog tentang invitation
di depan kelas.
Nilai PBKB yang diharapkan: Kreatif, Mandiri
3. Konfirmasi
(±10 menit)
Siswa menjawab pertanyaan berdasarkan bacaan yang
telah disediakan oleh guru.
Nilai PBKB yang diharapkan:
Kreatif, Mandiri
C. Kegiatan
Akhir (±15 menit)
1. Guru
memeriksa hasil kerja siswa.
2. Guru
memberikan tugas rumah.
3. Guru
menutup/mengakhiri pelajaran tersebut dengan mengucapkan salam kepada para
siswa sebelum keluar kelas dan siswa menjawab salam.
Nilai PBKB yang diharapkan:
Religius, Menghargai prestasi, Tanggung jawab
Pertemuan
ke
3
A. Kegiatan
Awal (±10 menit)
1. Guru
memberikan salam kepada siswa.
2. Guru
memeriksa kehadiran siswa.
3. Guru
memeriksa tugas rumah siswa yang telah diberikan pada pertemuan sebelumnya dan
membahasnya.
4. Guru
menyampaikan materi yang akan dibahas dan tujuan pembelajaran.
Nilai PBKB yang diharapkan:
Religius, Disiplin, Komunikatif
B. Kegiatan
Inti (±65 menit)
1. Eksplorasi
(±10 menit)
Guru membacakan ekspresi penawaran/bargaining, siswa menulisnya.
Nilai PBKB yang diharapkan: Komunikatif
2. Elaborasi
(±45 menit)
a. Guru
membacakan dialog sederhana tentang bargaining,
siswa mencatat ekspresi yang menunjukkan penawaran.
b. Guru
menjelaskan ekspresi-ekspresi yang digunakan untuk penawaran/bargaining dalam bentuk formal dan
informal dan ekspresi responnya.
Nilai PBKB yang diharapkan:
Kreatif, Mandiri, Komunikatif
3. Konfirmasi
(±10 menit)
Siswa membuat dialog tentang bargaining dan merespon bargaining.
Nilai PBKB yang diharapkan:
Kreatif, Mandiri
C. Kegiatan
Akhir (±15 menit)
1. Guru
memeriksa hasil kerja siswa.
2. Guru
memberikan tugas rumah.
3. Guru
menutup/mengakhiri pelajaran tersebut dengan mengucapkan salam kepada para
siswa sebelum keluar kelas dan siswa menjawab salam.
Nilai PBKB yang diharapkan:
Religius, Menghargai prestasi, Tanggung jawab
Pertemuan ke 4
A. Kegiatan
Awal (±10 menit)
1. Guru
memberikan salam kepada siswa.
2. Guru
memeriksa kehadiran siswa.
3. Guru
memeriksa tugas rumah siswa yang telah diberikan pada pertemuan sebelumnya dan
membahasnya.
4. Guru
menyampaikan materi yang akan dibahas dan tujuan pembelajaran.
Nilai PBKB yang diharapkan:
Religius, Disiplin, Komunikatif
B. Kegiatan
Inti (±65 menit)
1. Eksplorasi
(±10 menit)
Guru me-review materi yang telah disampaikan pada
pertemuan sebelumnya dengan cara bertanya kepada siswa secara acak.
Nilai PBKB yang diharapkan: Komunikatif
2. Elaborasi
(±45 menit)
Siswa mempraktikkan dialog tentang bargaining (yang telah dikerjakan pada
pertemuan sebelumnya) di depan kelas.
Nilai PBKB yang diharapkan:
Kreatif, Mandiri
3. Konfirmasi
(±10 menit)
Siswa menjawab pertanyaan berdasarkan bacaan yang
telah disediakan oleh guru.
Nilai PBKB yang diharapkan:
Kreatif, Mandiri
C. Kegiatan
Akhir (±15 menit)
1. Guru
memeriksa hasil kerja siswa.
2. Guru
memberikan tugas rumah.
3. Guru
menutup/mengakhiri pelajaran tersebut dengan mengucapkan salam kepada para
siswa sebelum keluar kelas dan siswa menjawab salam.
Nilai PBKB yang diharapkan:
Religius, Menghargai prestasi, Tanggung jawab
Pertemuan
ke
5
A. Kegiatan
Awal (±10 menit)
1. Guru
memberikan salam kepada siswa.
2. Guru
memeriksa kehadiran siswa.
3. Guru
memeriksa tugas rumah siswa yang telah diberikan pada pertemuan sebelumnya dan
membahasnya.
4. Guru
menyampaikan materi yang akan dibahas dan tujuan pembelajaran.
Nilai PBKB yang diharapkan:
Religius, Disiplin, Komunikatif
B. Kegiatan
Inti (±65 menit)
1. Eksplorasi
(±10 menit)
Guru menjelaskan dan memberikan contoh tentang pola
kalimat yang menggunakan conjunctions.
Nilai PBKB yang diharapkan: Komunikatif
2. Elaborasi
(±45 menit)
Siswa mengerjakan latihan-latihan soal.
Nilai PBKB yang diharapkan:
Kreatif, Mandiri
3. Konfirmasi
(±10 menit)
Siswa menjawab pertanyaan berdasarkan bacaan yang
telah disediakan oleh guru.
Nilai PBKB yang diharapkan:
Kreatif, Mandiri
C. Kegiatan
Akhir (±15 menit)
1. Guru
memeriksa hasil kerja siswa.
2. Guru
memberikan tugas rumah.
3. Guru
menutup/mengakhiri pelajaran tersebut dengan mengucapkan salam kepada para
siswa sebelum keluar kelas dan siswa menjawab salam.
Nilai PBB yang diharapkan :
Religius, Menghargai prestasi, Tanggung jawab
Pertemuan
ke
6
A. Kegiatan
Awal (±10 menit)
1. Guru
memberikan salam kepada siswa.
2. Guru
memeriksa kehadiran siswa.
3. Guru
memeriksa tugas rumah siswa yang telah diberikan pada pertemuan sebelumnya dan
membahasnya.
4. Guru
menyampaikan materi yang akan dibahas dan tujuan pembelajaran.
Nilai PBKB yang diharapkan:
Religius, Disiplin, Komunikatif
B. Kegiatan
Inti (±65 menit)
1. Eksplorasi
(±10 menit)
Guru menjelaskan dan memberikan contoh tentang pola
kalimat yang menggunakan used to.
Nilai PBKB yang diharapkan: Komunikatif
2. Elaborasi
(±45 menit)
Siswa mengerjakan latihan-latihan soal.
Nilai PBKB yang diharapkan:
Kreatif, Mandiri
3. Konfirmasi
(±10 menit)
Siswa menjawab pertanyaan berdasarkan bacaan yang
telah disediakan oleh guru.
Nilai PBKB yang diharapkan: Komunikatif
C. Kegiatan
Akhir (±15 menit)
1. Guru
memeriksa hasil kerja siswa.
2. Guru
memberikan tugas rumah.
3. Guru
menutup/mengakhiri pelajaran tersebut dengan mengucapkan salam kepada para
siswa sebelum keluar kelas dan siswa menjawab salam.
Nilai PBKB yang diharapkan:
Religius, Menghargai prestasi, Tanggung jawab
Pertemuan
ke
7
A. Kegiatan
Awal (±10 menit)
1. Guru
memberikan salam kepada siswa.
2. Guru
memeriksa kehadiran siswa.
3. Siswa
menyampaikan hafalan/menghafal 10 kosa kata kepada guru.
4. Guru
memeriksa tugas rumah siswa yang telah diberikan pada pertemuan sebelumnya dan
membahasnya.
5. Guru
menyampaikan materi yang akan dibahas dan tujuan pembelajaran.
Nilai PBKB yang diharapkan:
Religius, Disiplin, Komunikatif
B. Kegiatan
Inti (±65 menit)
1. Eksplorasi
(±10 menit)
Guru membacakan dialog sederhana tentang certainty, siswa mencatat ekspresi yang
menunjukkan ekspresi kepastian.
Nilai PBKB yang diharapkan: Mandiri, Komunikatif
2. Elaborasi
(±45 menit)
a. Guru
menjelaskan ekspresi-ekspresi yang digunakan untuk menyampaian kepastian/certainty dalam bentuk formal dan
informal dan ekspresi responnya.
b. Siswa
membuat dialog tentang penyampaian kepastian dan merespon kepastian.
Nilai PBKB yang diharapkan:
Mandiri, Komunikatif
3. Konfirmasi
(±10 menit)
Siswa mempraktikkan dialog tentang certainty di depan kelas.
Nilai PBKB yang diharapkan:
Kreatif, Komunikatif
C. Kegiatan
Akhir (±15 menit)
1. Guru
memeriksa hasil kerja siswa.
2. Guru
memberikan tugas rumah.
3. Guru
menutup/mengakhiri pelajaran tersebut dengan mengucapkan salam kepada para
siswa sebelum keluar kelas dan siswa menjawab salam.
Nilai PBKB yang diharapkan:
Religius, Menghargai prestasi, Tanggung jawab
Pertemuan
ke
8
A. Kegiatan
Awal (±10 menit)
1. Guru
memberikan salam kepada siswa.
2. Guru
memeriksa kehadiran siswa.
3. Siswa
menyampaikan hafalan/menghafal 10 kosa kata kepada guru.
4. Guru
memeriksa tugas rumah siswa yang telah diberikan pada pertemuan sebelumnya dan
membahasnya.
5. Guru
menyampaikan materi yang akan dibahas dan tujuan pembelajaran.
Nilai PBKB yang diharapkan:
Religius, Disiplin, Komunikatif
B. Kegiatan
Inti (±65 menit)
1. Eksplorasi
(±10 menit)
Guru membacakan kalimat-kalimat yang mengandung noun clause as object, dan siswa
menulisnya.
Nilai PBKB yang diharapkan: Komunikatif
2. Elaborasi
(±45 menit)
Guru menjelaskan dan memberikan contoh penggunaan noun clause as object.
Nilai PBKB yang diharapkan: Komunikatif
3. Konfirmasi
(±10 menit)
Siswa mengerjakan latihan-latihan soal.
Nilai PBKB yang diharapkan: Kreatif, Mandiri
C. Kegiatan
Akhir (±15 menit)
1. Guru
memeriksa hasil kerja siswa.
2. Guru
memberikan tugas rumah.
3. Guru
menutup/mengakhiri pelajaran tersebut dengan mengucapkan salam kepada para
siswa sebelum keluar kelas dan siswa menjawab salam.
Nilai PBKB yang diharapkan:
Religius, Menghargai prestasi, Tanggung jawab
Pertemuan
ke
9
A. Kegiatan
Awal (±10 menit)
1. Guru
memberikan salam kepada siswa.
2. Guru
memeriksa kehadiran siswa.
3. Siswa
menyampaikan hafalan/menghafal 10 kosa kata kepada guru.
4. Guru
memeriksa tugas rumah siswa yang telah diberikan pada pertemuan sebelumnya dan
membahasnya.
5. Guru
menyampaikan materi yang akan dibahas dan tujuan pembelajaran.
Nilai PBKB yang diharapkan:
Religius, Disiplin, Komunikatif
B. Kegiatan
Inti (±65 menit)
1. Eksplorasi
(±10 menit)
Guru membacakan ekspresi giving and responding compliments, siswa menulisnya.
Nilai PBKB yang diharapkan: Komunikatif
2. Elaborasi
(±45 menit)
a. Guru
membacakan dialog sederhana tentang giving
and responding compliments, siswa mencatat ekspresi-ekspresinya.
b. Guru
menjelaskan ekspresi-ekspresi giving and
responding compliments dalam bentuk formal dan informal dan ekspresi
responnya.
Nilai PBKB yang diharapkan:
Kreatif, Mandiri, Komunikatif
3. Konfirmasi
(±10 menit)
Siswa membuat dialog tentang giving and responding compliments dan meresponnya.
Nilai PBKB yang diharapkan: Kreatif,
Mandiri
C. Kegiatan
Akhir (±15 menit)
1. Guru
memeriksa hasil kerja siswa.
2. Guru
memberikan tugas rumah.
3. Guru
menutup/mengakhiri pelajaran tersebut dengan mengucapkan salam kepada para
siswa sebelum keluar kelas dan siswa menjawab salam.
Nilai PBKB yang diharapkan:
Religius, Menghargai prestasi, Tanggung jawab
Pertemuan
ke
10
A. Kegiatan
Awal (±10 menit)
1. Guru
memberikan salam kepada siswa.
2. Guru
memeriksa kehadiran siswa.
3. Siswa
menyampaikan hafalan/menghafal 10 kosa kata kepada guru.
4. Guru
memeriksa tugas rumah siswa yang telah diberikan pada pertemuan sebelumnya dan
membahasnya.
5. Guru
menyampaikan materi yang akan dibahas dan tujuan pembelajaran.
Nilai PBKB yang diharapkan:
Religius, Disiplin, Komunikatif
B. Kegiatan
Inti (±65 menit)
1. Eksplorasi
(±10 menit)
Guru me-review materi yang telah disampaikan pada
pertemuan sebelumnya dengan cara bertanya kepada siswa secara acak.
Nilai PBKB yang diharapkan: Demokratis, Komunikatif
2. Elaborasi
(±45 menit)
Siswa mempraktikkan dialog tentang giving and responding compliments (yang
telah dikerjakan pada pertemuan sebelumnya) di depan kelas.
Nilai PBKB yang diharapkan: Kreatif, Mandiri
3. Konfirmasi
(±10 menit)
Siswa menjawab pertanyaan berdasarkan bacaan yang
telah disediakan oleh guru.
Nilai PBKB yang diharapkan:
Kreatif, Mandiri
C. Kegiatan
Akhir (±15 menit)
1. Guru
memeriksa hasil kerja siswa.
2. Guru
memberikan tugas rumah.
3. Guru
menutup/mengakhiri pelajaran tersebut dengan mengucapkan salam kepada para
siswa sebelum keluar kelas dan siswa menjawab salam.
Nilai PBKB yang diharapkan:
Religius, Menghargai prestasi, Tanggung jawab
Pertemuan ke 11
A. Kegiatan
Awal (±10 menit)
1. Guru
memberikan salam kepada siswa.
2. Guru
memeriksa kehadiran siswa.
3. Guru
memeriksa tugas rumah siswa yang telah diberikan pada pertemuan sebelumnya dan
membahasnya.
4. Guru
menyampaikan materi yang akan dibahas dan tujuan pembelajaran.
Nilai PBKB yang diharapkan:
Religius, Disiplin, Komunikatif
B. Kegiatan
Inti (±65 menit)
1. Eksplorasi
(±10 menit)
Guru membacakan ekspresi penyampaian agreement and disagreement, siswa
menulisnya.
Nilai PBKB yang diharapkan: Komunikatif
2. Elaborasi
(±45 menit)
a. Guru
membacakan dialog sederhana tentang agreement
and disagreement, siswa mencatat ekspresinya.
b. Guru
menjelaskan ekspresi-ekspresi yang digunakan untuk menyampaian agreement and disagreement dalam bentuk
formal dan informal dan ekspresi responnya.
Nilai
PBKB yang diharapkan: Komunikatif
3. Konfirmasi
(±10 menit)
Siswa membuat dialog tentang penyampaian agreement and disagreement dan
meresponnya.
Nilai PBKB yang diharapkan:
Komunikatif
C. Kegiatan
Akhir
1. Guru
memeriksa hasil kerja siswa.
2. Guru
memberikan tugas rumah.
3. Guru
menutup/mengakhiri pelajaran tersebut dengan mengucapkan salam kepada para
siswa sebelum keluar kelas dan siswa menjawab salam.
Nilai PBKB yang diharapkan:
Religius, Menghargai prestasi, Tanggung jawab
Pertemuan
ke
12
A. Kegiatan
Awal (±10 menit)
1. Guru
memberikan salam kepada siswa.
2. Guru
memeriksa kehadiran siswa.
3. Siswa
menyampaikan hafalan/menghafal 10 kosa kata kepada guru.
4. Guru
memeriksa tugas rumah siswa yang telah diberikan pada pertemuan sebelumnya dan
membahasnya.
5. Guru
menyampaikan materi yang akan dibahas dan tujuan pembelajaran.
Nilai PBKB yang diharapkan:
Religius, Disiplin, Komunikatif
B. Kegiatan
Inti (±65 menit)
1. Eksplorasi
(±10 menit)
Guru me-review materi yang telah disampaikan pada
pertemuan sebelumnya dengan cara bertanya kepada siswa secara acak.
Nilai PBKB yang diharapkan: Komunikatif
2. Elaborasi
(±45 menit)
Siswa mempraktikkan dialog tentang agreement and disagreement (yang telah
dikerjakan pada pertemuan sebelum) di depan kelas.
Nilai PBKB yang diharapkan:
Kreatif, Mandiri
3. Konfirmasi
(±10 menit)
Siswa menjawab pertanyaan berdasarkan bacaan yang
telah disediakan oleh guru.
Nilai PBKB yang diharapkan:
Kreatif, Mandiri
C. Kegiatan
Akhir (±15 menit)
1. Guru
memeriksa hasil kerja siswa.
2. Guru
memberikan tugas rumah.
3. Guru
menutup/mengakhiri pelajaran tersebut dengan mengucapkan salam kepada para
siswa sebelum keluar kelas dan siswa menjawab salam.
Nilai PBKB yang diharapkan:
Religius, Menghargai prestasi, Tanggung jawab
Pertemuan
ke
13
A. Kegiatan
Awal (±10 menit)
1. Guru
memberikan salam kepada siswa.
2. Guru
memeriksa kehadiran siswa.
3. Siswa
menyampaikan hafalan/menghafal 10 kosa kata kepada guru.
4. Guru
memeriksa tugas rumah siswa yang telah diberikan pada pertemuan sebelumnya dan
membahasnya.
5. Guru
menyampaikan materi yang akan dibahas dan tujuan pembelajaran.
Nilai PBKB yang diharapkan:
Religius, Disiplin, Komunikatif
B. Kegiatan
Inti (±65 menit)
1. Eksplorasi
(±10 menit)
Guru membacakan ekspresi penyampaian pendapat/giving opinion, siswa menulisnya.
Nilai PBKB yang diharapkan: Komunikatif
2. Elaborasi
(±45 menit)
a. Guru
membacakan dialog sederhana tentang giving
opinion, siswa mencatat ekspresi yang menunjukkan penyampaian pendapat.
b. Guru
menjelaskan ekspresi-ekspresi yang digunakan untuk menyampaian pendapat/giving opinion dalam bentuk formal dan
informal dan ekspresi responnya.
Nilai PBKB yang diharapkan: Komunikatif
3. Konfirmasi
(±10 menit)
Siswa membuat dialog tentang penyampaian pendapat
dan meresponnya.
Nilai PBKB yang diharapkan:
Kreatif, Mandiri
C. Kegiatan
Akhir (±15 menit)
1. Guru
memeriksa hasil kerja siswa.
2. Guru
memberikan tugas rumah.
3. Guru
menutup/mengakhiri pelajaran tersebut dengan mengucapkan salam kepada para
siswa sebelum keluar kelas dan siswa menjawab salam.
Nilai PBKB yag diharapkan: Religius, Menghargai prestasi,
Tanggung jawab
Pertemuan
ke
14
A. Kegiatan
Awal (±10 menit)
1. Guru
memberikan salam kepada siswa.
2. Guru
memeriksa kehadiran siswa.
3. Guru
memeriksa tugas rumah siswa yang telah diberikan pada pertemuan sebelumnya dan
membahasnya.
4. Guru
menyampaikan materi yang akan dibahas dan tujuan pembelajaran.
Nilai PBKB yang diharapkan:
Religius, Disiplin, Komunikatif
B. Kegiatan
Inti (±65 menit)
1. Eksplorasi
(±10 menit)
Guru me-review materi yang telah disampaikan pada
pertemuan sebelumnya dengan cara bertanya kepada siswa secara acak.
Nilai PBKB yang diharapkan: Komunikatif
2. Elaborasi
(±45 menit)
Siswa mempraktikkan dialog tentang pendapat/giving opinion (yang telah dikerjakan
pada pertemuan sebelumnya) di depan kelas.
Nilai PBKB yang diharapkan:
Kreatif, Mandiri
3. Konfirmasi
(±10 menit)
Siswa menjawab pertanyaan berdasarkan bacaan yang
telah disediakan oleh guru.
Nilai PBKB yang diharapkan:
Kreatif, Mandiri
C. Kegiatan
Akhir
1. Guru
memeriksa hasil kerja siswa.
2. Guru
memberikan tugas rumah.
3. Guru
menutup/mengakhiri pelajaran tersebut dengan mengucapkan salam kepada para
siswa sebelum keluar kelas dan siswa menjawab salam.
Nilai PBKB yang diharapkan:
Religius, Menghargai prestasi, Tanggung jawab
Pertemuan
ke
15
A. Kegiatan
Awal (±10 menit)
1. Guru
memberikan salam kepada siswa.
2. Guru
memeriksa kehadiran siswa.
3. Siswa
menyampaikan hafalan/menghafal 10 kosa kata kepada guru.
4. Guru
memeriksa tugas rumah siswa yang telah diberikan pada pertemuan sebelumnya dan
membahasnya.
5. Guru
menyampaikan materi yang akan dibahas dan tujuan pembelajaran.
Nilai PBKB yang diharapkan:
Religius, Disiplin, Komunikatif
B. Kegiatan
Inti (±65 menit)
1. Eksplorasi
(±10 menit)
Guru membacakan ekspresi pendapat/arguments, siswa menulisnya.
Nilai PBKB yang diharapkan: Komunikatif
2. Elaborasi
(±45 menit)
a. Guru
membacakan dialog sederhana tentang pendapat/arguments, siswa mencatat ekspresi yang menunjukkan pendapat/arguments.
b. Guru
menjelaskan ekspresi-ekspresi yang digunakan untuk menyampaian pendapat/arguments dalam bentuk formal dan
informal dan ekspresi responnya.
Nilai PBKB yang diharapkan: Komunikatif
3. Konfirmasi
(±10 menit)
Siswa membuat dialog tentang penyampaian pendapat/arguments dan meresponnya.
Nilai PBKB yang diharapkan:
Kreatif, Mandiri
C. Kegiatan
Akhir (±15 menit)
1. Guru
memeriksa hasil kerja siswa.
2. Guru
memberikan tugas rumah.
3. Guru
menutup/mengakhiri pelajaran tersebut dengan mengucapkan salam kepada para
siswa sebelum keluar kelas dan siswa menjawab salam.
Nilai PBKB yang diharapkan:
Religius, Menghargai prestasi, Tanggung jawab
Pertemuan
ke
16
A. Kegiatan
Awal (±10 menit)
1. Guru
memberikan salam kepada siswa.
2. Guru
memeriksa kehadiran siswa.
3. Siswa
menyampaikan hafalan/menghafal 10 kosa kata kepada guru.
4. Guru
memeriksa tugas rumah siswa yang telah diberikan pada pertemuan sebelumnya dan membahasnya.
5. Guru
menyampaikan materi yang akan dibahas dan tujuan pembelajaran.
Nilai PBKB yang diharapkan:
Religius, Disiplin, Komunikatif
B. Kegiatan
Inti (±65 menit)
1. Eksplorasi
(±10 menit)
Guru me-review
materi yang telah disampaikan pada pertemuan sebelumnya dengan cara bertanya
kepada siswa secara acak.
Nilai PBKB yang diharapkan: Komunikatif
2. Elaborasi
(±45 menit)
Siswa mempraktikkan dialog tentang pendapat/arguments (yang telah dikerjakan pada
pertemuan sebelumnya) di depan kelas.
Nilai PBKB yang diharapkan:
Kreatif, Mandiri
3. Konfirmasi
(±10 menit)
Siswa menjawab pertanyaan berdasarkan bacaan yang
telah disediakan oleh guru.
Nilai PBKB yang diharapkan:
Kreatif, Mandiri
C. Kegiatan
Akhir (±15 menit)
1. Guru
memeriksa hasil kerja siswa.
2. Guru
memberikan tugas rumah.
3. Guru
menutup/mengakhiri pelajaran tersebut dengan mengucapkan salam kepada para
siswa sebelum keluar kelas dan siswa menjawab salam.
Nilai PBKB yang diharapkan:
Religius, Menghargai prestasi, Tanggung jawab
V.
Penilaian
A. Soal
1. Tes
Lisan
a) Hafalan
Hafalan
100 kosa kata yang dilaporkan secara lisan kepada guru.
b) Role-Play
(Dialog berpasangan)
Practice
the dialogue which you have made with your friend!
2. Tes
Tertulis
a) Melengkapi dialogue
Complete the dialogue with the provided words below!
stay out close turn off invite while
lock leave smoke remember best
Mr. and
Mrs. Hartanto are going away for a few days. Their 17 years old daughter, Dea,
will look after the house while they are away.
Mrs. Hartanto : Now, make sure you ...(1) all the lights at night.
Mr. Hartanto : Yes, and ... (2) all the doors
and ... (3) the windows if you go out.
Reza : All right. I’ll do it.
Mrs. Hartanto : Make sure you don’t ....(4). The television
on when you go to bed.
Mr. Hartanto : Don’t ...(5) in bed.
Mrs. Hartanto : And don’t ... (6) late at
night.
Mr. Hartanto : And please don’t ... (7) a lot of
your friends around ....(8)
we are away.
Reza : No, don’t worry, Dad.
Mrs. Hartanto : Can you .... (9) all of them.
Reza : Yes, I’ll do my ....(10)
b) Melengkapi kalimat.
Complete these sentences contruction using although, because, or so!
1. He was fined ... he was speeding.
2. Why do you ask them ... stupid questions?
3. Basket ball is a very popular game ... it is not very old sport.
4. The mind was ... story, it was diffiult to walk.
5. Togar has many friends ... he plays in several sport teams.
c) Pilihan ganda.
Choose the correct answer by crossing (X) a, b, c, d, or e!
1. Rudi has many friends ... he fells very happy.
a. although
b. because
c. so
d. that
e. who
2. Can you tell me why you are so happy? What did he ask you? He
asked me ....
a. if I can tell him why I am so happy.
b. if I could tell him why I was so happy.
c. if I could tell him why I am so happy.
d. if can tell him why you are so happy.
e. if could tell him why you were so happy.
3. We don’t know ... she goes.
a. where
b. who
c. which
d. that
e. why
4. All of students would have passed the test if they ... their
lesson more seriously.
a. study
b. studied
c. was studying
d. has study
e. had studied
5. I would pay my school fee ...
a. if my father gives me some money.
b. if my father gave me some money.
c. if my father is given me some money.
d. if my father give to me some money.
e. if my father is giving me some money.
d) Menerjemahkan.
Translate the sentences below into English!
1.
Bisakah
kamu datang ke pesta ulang tahunku?
2.
Apakah
ada diskon untuk buku dan tas ini?
3.
Kamu
nampak cantik sekali malam ini.
4.
Aku yakin kita akan lulus ujian.
5.
Mereka
dulu biasanya merokok 1 bungkus dalam sehari.
B. Kunci Jawaban
TES
TERTULIS
a) Melengkapi
dialogue
1. turn
off 6. stay out
2. close 7. invite
3. look 8. while
4. leave 9.
remember
5. smoke 10. Best
b) Complete the dialogue with the provided words below!
1. Although
2. So
3. Although
4. So
5. Because
c) Pilihan
ganda
1.
C
2.
B
3.
A
4.
C
5.
A
d) Translate the sentences below into English!
1. Can
you come to my birthday party?
2. Is
there any discount for this book and bag?
3. You
look very beautiful tonight.
4. I’m
sure we will past the examination.
5. They
used to smoke 1 pack a day.
C. Rubrik
Penilaian
NO
|
KETERANGAN
|
Skor
(1-10)
|
Nilai
|
Keterangan
|
1
|
Melengkapi
dialogue
|
|
10
|
Syarat lulus, siswa minimal mencapai nilai
75
|
2
|
Complete the dialogue with the provided words below!
|
|
5
|
|
3
|
Pilihan
ganda
|
|
5
|
|
4
|
Translate the sentences below into English!
|
|
10
|
|
|
Jumlah
|
|
30
|
VI.
Alat
dan Bahan
A.
LCD Proyektor F.
Buku Cerita
B.
Laptop G.
Audio : Cerita
C.
Speaker H.
Visual : Gambar
D.
VCD I.
Audio Visual : Video
E.
Gambar
VII.
Sumber
Belajar
A. Departemen
Pendidikan Nasional, 2000, Global Access to the World of Work
Book 2, 3. Sawangang: PPPGK.
B. Wiyono, Tri Suko
Bambang, dkk. 2004. Pelajaran Bahasa Inggris untuk SMK Kelas
2. Jakarta: Balai Pustaka.
C. Taparena, Datik dan
Supadmi. 2011. Modul Prasasti Bahasa Inggris Kelas XI. Surakarta: Kharisma Putra.
D.
Suryana, Nanan. 2007. Bring Me To The World of a Professional
Worker English For Vocational School Book 2. Jakarta: Armico.
Mengetahui,
Krangkeng, Juli 2013
Kepala
Sekolah Guru
Mata Pelajaran
.................................. .....................................
Tidak ada komentar:
Posting Komentar