KD. 2.1
RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
Mata Pelajaran :
Bahasa Inggris
Kelas/Semester :
XI/3
Pertemuan Ke- :
1-10
Alokasi Waktu :
20x45 menit
Standar
Kompetensi : Berkomunikasi dengan Bahasa Inggris setara level Elementary
Kompetensi
Dasar : K.D.2.1. Memahami percakapan sederhana sehari-hari baik dalam konteks profesional
maupun pribadi dengan orang bukan penutur asli
Indikator :
Aspek
|
Indikator
|
Nilai PBKB yang dikembangkan
|
Kognitif
|
Ucapan salam (greetings) pada saat bertemu dan berpisah digunakan secara
tepat
|
Bersahabat / Komunikatif
|
Psikomotorik
|
Pertanyaan dengan pola yes-no
questions dalam konteks kegiatan sehari-hari diperagakan dan dijawab
dengan benar
|
Bersahabat / Komunikatif
|
Afektif
|
Berbagai bentuk dan ungkapan digunakan dengan tepat untuk membicarakan
kegemaran/hobi dan minat
|
Kreatif
|
I.
Tujuan
Pembelajaran
Siswa dapat :
A.
Menggunakan pertanyaan
dengan pola yes-no questions dalam konteks kegiatan sehari-hari diperagakan dan
dijawab dengan benar.
B.
Menggunakan pertanyaan dengan pola question tags dalam konteks kegiatan sehari-hari diperagakan dengan
benar.
C.
Menggunakan pertanyaan dengan pola question words dalam konteks kegiatan sehari-hari diperagakan dan
dijawab dengan benar.
D.
Menggunakan berbagai bentuk dan ungkapan digunakan dengan
tepat untuk membicarakan kegemaran/hobi dan minat.
E.
Menggunakan ungkapan untuk menangani tamu hotel, restoran,
travel agency, dll. diperagakan dengan benar.
II.
Materi Pokok
A.
Language Focus:
1.
Talking about hobbies and interests
a. Do you
like fishing?
b. What do
you like doing in your spare time?
2.
Guest handling
a.
What can I do for you, Sir?
b.
Welcome to our hotel.
c.
I hope you enjoy the food.
B. Grammar
Review:
1.
Yes – No questions
a.
Am I a mechanic?
b.
Are you a secretary?
c.
Is he a programmer?
2.
Question tags
a.
The board meeting starts at seven, doesn’t
it?
b.
The students do not practice in the
laboratory, do they?
3.
Questions with question words
a.
Where does the boss live?
b.
Why do you come late?
c.
Who are you?
4.
Gerund as subjects and objects
a.
Smoking is dangerous.
b.
I don’t like fishing.
c.
We like swimming.
5.
Gerund as complement:
a.
Her job is sorting the mail.
b.
My hobby is jogging.
6.
Gerund after preposition:
Are you interested in collecting stamps?
7.
Constructions with ‘too’ and ‘enough’
a.
The soup is too salty for me.
b.
The hotel room is comfortable enough.
III.
Metode
Pembelajaran
A. Model pembelajaran
: Role Play (bermain peran), Latihan
B. Metode : Ceramah,
Tanya jawab
IV.
Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan ke 1
A.
Kegiatan Awal (±10 menit)
1.
Guru memberikan salam kepada siswa.
2.
Guru memeriksa kehadiran siswa.
3.
Guru menjelaskan sistem pembelajaran, penugasan, dan
penilaian semester ganjil.
4.
Guru menyampaikan materi yang akan dibahas dan tujuan
pembelajaran.
Nilai
PBKB yang diharapkan: Religius, Disiplin, Rasa ingin tahu.
B.
Kegiatan Inti (±65 menit)
1.
Eksplorasi (±10 menit)
Guru membacakan dialog sederhana, siswa
mendengarkan, dan menjawab pertanyaan yang diajukan oleh guru.
Nilai
PBKB yang diharapkan: Disiplin
2.
Elaborasi (±45 menit)
Guru menjelaskan dan memberikan contoh pola yes-no question, kemudian siswa mencatat
penjelasan guru.
Nilai
PBKB yang diharapkan: Disiplin
3.
Konfirmasi (±10 menit)
Siswa mengerjakan latihan-latihan soal tentang yes-no question.
Nilai
PBKB yang diharapkan: Disiplin, kerja keras, Kreatif, Mandiri
C.
Kegiatan Akhir (±15 menit)
1. Guru
memeriksa dan membahas hasil/kerja siswa.
2. Guru
memberikan tugas rumah.
3. Guru
menutup/mengakhiri pelajaran tersebut dengan mengucapkan salam kepada para
siswa sebelum keluar kelas dan siswa menjawab salam.
Nilai
PBKB yang diharapkan: Religius, Jujur, Mandiri, Menghargai prestasi,
Komunikatif.
Pertemuan ke 2
A. Kegiatan Awal (±10
menit)
1.
Guru membuka
pelajaran dengan berdoa bersama.
2.
Guru memeriksa kehadiran siswa.
3.
Guru memeriksa tugas rumah siswa yang telah diberikan
pada pertemuan sebelumnya dan membahasnya.
Nilai
PBKB yang diharapkan: Religius, Disiplin, Mandiri, Menghargai Prestasi.
B. Kegiatan Inti (±65
menit)
1.
Eksplorasi (±10 menit)
a.
Guru me-review
materi yang telah dijelaskan pada pertemuan sebelumnya dengan cara bertanya
kepada siswa secara acak.
b.
Siswa menulis
kalimat yang dibacakan oleh guru
Nilai
PBKB yang diharapkan: Komunikatif
2.
Elaborasi (±45 menit)
a.
Siswa membuat
dialog sederhana dengan menggunakan pola yes-no
question.
b. Siswa
mempraktikkan dialog sederhana yang menggunakan yes-no question bersama temannya.
Nilai PBKB yang diharapkan: Kreatif, Komunikatif
3.
Konfirmasi (±10 menit)
Siswa
membaca bacaan/teks yang telah disediakan oleh guru, kemudian memahaminya, dan
mengerjakan pertanyaan-pertanyaan yang berkaitan dengan bacaan.
Nilai PBKB yang diharapkan: Mandiri, Gemar membaca
C. Kegiatan Akhir (±15 menit)
1. Guru
memeriksa dan membahas hasil/kerja siswa.
2. Guru
memberikan tugas rumah.
3. Guru
menutup/mengakhiri pelajaran tersebut dengan mengucapkan salam kepada para
siswa sebelum keluar kelas dan siswa menjawab salam.
Nilai
PBKB yang diharapkan: Religius, Jujur, Mandiri, Menghargai prestasi,
Komunikatif
Pertemuan ke 3
A.
Kegiatan Awal (±10 menit)
1.
Guru memberikan salam kepada siswa.
2.
Guru memeriksa kehadiran siswa.
3.
Guru memeriksa tugas rumah siswa yang telah diberikan
pada pertemuan sebelumnya dan membahasnya.
4.
Guru menyampaikan materi yang akan dibahas dan tujuan
pembelajaran.
5.
Guru memberikan memberikan pertanyaan kepada siswa
kemudian siswa menjawabnya.
Nilai
PBKB yang diharapkan: Religius, Disiplin, Komunikatif, Tanggung jawab.
B.
Kegiatan Inti (±65 menit)
1.
Eksplorasi (±10 menit)
Guru
membaca teks sederhana, siswa mendengarkan, dan menjawab pertanyaan yang
diajukan oleh guru.
Nilai
PBKB yang diharapkan: Gemar membaca
2.
Elaborasi (±45 menit)
Guru
menjelaskan dan memberikan contoh pola question
tags dan siswa mencatat penjelasan guru.
Nilai
PBKB yang diharapkan: Komunikatif
3.
Konfirmasi (±10 menit)
a.
Siswa
mengerjakan latihan-latihan soal tentang question
tags.
b.
Siswa membuat
dialog sederhana dengan menggunakan question
tags.
Nilai
PBKB yang diharapkan: Kreatif, Mandiri
C.
Kegiatan Akhir (±15 menit)
1. Guru
memeriksa dan membahas hasil/kerja siswa.
2. Guru
menyampaikan materi yang akan dibahas pada pertemuan selanjutnya dan meminta
siswa untuk mempersiapkan/mempelajari materi.
3.
Guru menutup / mengakhiri pelajaran tersebut dengan mengucapkan salam
kepada para siswa sebelum keluar kelas dan siswa menjawab salam.
Nilai
PBKB yang diharapkan: Religius, Menghargai prestasi, Komunikatif
Pertemuan ke 4
A. Kegiatan Awal (±10
menit)
1.
Guru memberikan salam kepada siswa.
2.
Guru memeriksa kehadiran siswa.
3.
Guru menyampaikan materi yang akan dibahas dan tujuan
pembelajaran.
4.
Guru memberikan
pertanyaan kepada siswa kemudian siswa menjawabnya.
Nilai
PBKB yang diharapkan: Religius, Disiplin, Komunikatif
B.
Kegiatan Inti (±65 menit)
1. Eksplorasi (±10 menit)
Guru
me-review materi yang telah dijelaskan pada pertemuan sebelumnya dengan cara
bertanya kepada siswa secara acak.
Nilai
PBKB yang diharapkan: Demokratis
2. Elaborasi (±45 menit)
Siswa
mempraktikkan dialog sederhana yang menggunakan question tags (yang telah dibuat pada pertemuan sebelumnya) bersama
temannya.
Nilai
PBKB yang diharapkan: Kerja keras, Keatif
3. Konfirmasi (±10 menit)
Siswa
mengerjakan latihan-latihan soal dari bacaan yang telah disediakan oleh guru.
Nilai
PBKB yang diharapkan: Mandiri, Gemar membaca
C. Kegiatan Akhir (±15
menit)
1. Guru
memeriksa dan membahas hasil/kerja siswa.
2. Guru
memberikan tugas rumah.
3. Guru
menutup/mengakhiri pelajaran tersebut dengan mengucapkan salam
kepada para siswa
sebelum keluar kelas dan siswa menjawab salam.
Nilai
PBKB yang diharapkan: Religius, Jujur,Menghargai prestasi, Tanggung jawab
Pertemuan ke 5
A. Kegiatan Awal (±10
menit)
1. Guru memberikan
salam kepada siswa.
2. Guru memeriksa
kehadiran siswa.
3. Guru
menyampaikan materi yang akan dibahas dan tujuan pembelajaran.
4.
Guru memberikan
pertanyaan kepada siswa kemudian siswa menjawabnya.
Nilai
PBKB yang diharapkan: Religius, Disiplin, Komunikatif
B. Kegiatan Inti (±65
menit)
1.
Eksplorasi (±10 menit)
Guru membacakan kalimat tanya yang menggunakan question words, siswa menulisnya dalam
buku.
Nilai
PBKB yang diharapkan: Komunikatif
2.
Elaborasi (±45 menit)
Guru menjelaskan dan memberikan contoh pola question words dan penggunaannya dalam
kalimat.
Nilai
PBKB yang diharapkan: Komunikatif
3.
Konfirmasi (±10 menit)
a.
Siswa
mengerjakan latihan-latihan soal yang diberikan oleh guru.
b.
Siswa membuat
dialog sederhana dalam kehidupan sehari-hari dengan menggunakan question words.
Nilai
PBKB yang diharapkan: Disiplin, Kerja keras, Kreatif, Mandiri
C. Kegiatan Akhir (±15
menit)
1.
Guru memeriksa
dan membahas hasil / kerja siswa.
2.
Guru memberikan
tugas rumah.
3.
Guru menutup/mengakhiri pelajaran tersebut dengan
mengucapkan salam kepada para siswa sebelum keluar kelas dan siswa menjawab
salam.
Nilai
PBKB yang diharapkan: Religius, Jujur,Menghargai prestasi, Tanggung jawab
Pertemuan ke 6
A. Kegiatan Awal (±10
menit)
1.
Guru memberikan salam kepada siswa.
2.
Guru memeriksa kehadiran siswa.
3.
Guru memeriksa tugas rumah siswa yang telah diberikan
pada pertemuan sebelumnya dan membahasnya.
Nilai
PBKB yang diharapkan: Religius, Disiplin, Komunikatif
B. Kegiatan Inti (±65
menit)
1.
Eksplorasi (±10 menit)
Guru me-review materi yang telah dijelaskan pada
pertemuan sebelumnya dengan cara bertanya kepada siswa secara acak.
Nilai
PBKB yang diharapkan: Demokratis
2.
Elaborasi (±45 menit)
Siswa mempraktikkan dialog sederhana yang
menggunakan question words (yang
telah dibuat pada pertemuan sebelumnya) bersama temannya.
Nilai
PBKB yang diharapkan: Demokratis
3.
Konfirmasi (±10 menit)
Siswa membaca bacaan/teks yang telah disediakan oleh
guru, kemudian memahaminya dan mengerjakan pertanyaan-pertanyaan yang berkaitan
dengan bacaan tersebut.
Nilai
PBKB yang diharapkan: Mandiri, Gemar membaca
C. Kegiatan Akhir (±15
menit)
1.
Guru memeriksa
dan membahas hasil/kerja siswa.
2.
Guru memberikan
tugas rumah.
3.
Guru menutup/mengakhiri pelajaran tersebut dengan
mengucapkan salam kepada para siswa sebelum keluar kelas dan siswa menjawab
salam.
Nilai
PBKB yang diharapkan: Religius, Komunikatif, Tanggung jawab
Pertemuan ke 7
A. Kegiatan Awal (±10
menit)
1. Guru memberikan
salam kepada siswa.
2. Guru memeriksa
kehadiran siswa.
3. Guru
menyampaikan materi yang akan dibahas dan tujuan pembelajaran.
4. Guru
memberikan pertanyaan
kepada siswa kemudian siswa menjawabnya.
Nilai
PBKB yang diharapkan: Religius, Disiplin, Komunikatif
B. Kegiatan Inti (±65
menit)
1.
Elaborasi (±10 menit)
a.
Guru membacakan
kalimat yang mengandung pernyataan hobi dan minat, kemudian siswa menulisnya.
b.
Siswa
menyebutkan macam-macam hobi dan minat.
Nilai
PBKB yang diharapkan: Komunikatif
2.
Eksplorasi (±45 menit)
a.
Siswa membuat
kalimat yang sesuai dengan topik yang sedang dibahas pada pertemuan ini.
b.
Siswa membuat
dialog sederhana yang mengandung pernyataan hobi dan minat.
Nilai PBKB yang diharapkan: Kreatif, Mandiri
3.
Konfirmasi (±10 menit)
Siswa mempraktikkan dialog yang telah dibuat di
depan kelas. Dan kemudian teman-temannya memberikan komentar.
Nilai PBKB yang diharapkan: Kreatif, Mandiri
C. Kegiatan Akhir (±15
menit)
1.
Guru memeriksa
dan membahas hasil/kerja siswa.
2.
Guru memberikan
tugas rumah.
3.
Guru menutup/mengakhiri pelajaran tersebut dengan
mengucapkan salam kepada para siswa sebelum keluar kelas dan siswa menjawab
salam.
Nilai PBKB yang diharapkan: Religius, Komunikatif,
Tanggung jawab
Pertemuan ke 8
A. Kegiatan Awal (±10
menit)
1.
Guru memberikan salam kepada siswa.
2.
Guru memeriksa kehadiran siswa.
3.
Guru memeriksa tugas rumah siswa yang telah diberikan
pada pertemuan sebelumnya dan membahasnya.
4.
Guru menyampaikan materi yang akan dibahas dan tujuan
pembelajaran.
Nilai PBKB yang diharapkan: Religius, Disiplin,
Komunikatif, Tanggung jawab
B. Kegiatan Inti (±65
menit)
1. Eksplorasi (±10
menit)
a. Guru
membacakan ekspresi menerima tamu, memberikan informasi, menawarkan sesuatu,
dan mengucapkan terima kasih atas kunjungan kepada pengunjung hotel, restoran, travel agency, dll., siswa
menulisnya.
b. Guru
menjelaskan dan memberikan ekspresi menerima tamu, memberikan informasi,
menawarkan sesuatu, dan mengucapkan terima kasih atas kunjungan kepada
pengunjung hotel,
restoran, travel agency, dll., siswa memperhatikan dan mencatatnya.
Nilai PBKB yang diharapkan: Komunikatif
2.
Elaborasi (±45 menit)
Siswa membuat dialog sederhana tentang cara menerima
tamu, memberikan informasi, menawarkan sesuatu, dan mengucapkan terima kasih
atas kunjungan kepada pengunjung hotel, restoran, travel agency, dll.
Nilai PBKB yang diharapkan: Kreatif, Mandiri
3.
Konfirmasi (±10 menit)
Siswa mempraktikkan dialog yang telah dibuatnya di
depan kelas dan teman-teman yang lain memberikan komentar.
Nilai PBKB yang diharapkan: Kreatif, Mandiri
C. Kegiatan Akhir (±15
menit)
1. Guru
memeriksa dan membahas hasil/kerja siswa.
2. Guru
memberikan tugas rumah.
3. Guru
menutup/mengakhiri pelajaran tersebut dengan mengucapkan salam kepada para
siswa sebelum keluar kelas dan siswa menjawab salam.
Nilai PBKB yang diharapkan: Religius, Kreatif, Mandiri,
Tangguung jawab
Pertemuan ke 9
A. Kegiatan Awal (±10
menit)
1.
Guru memberikan salam kepada siswa.
2.
Guru memeriksa kehadiran siswa.
3.
Guru menyampaikan materi yang akan dibahas dan tujuan
pembelajaran.
4.
Guru memberikan
pertanyaan kepada siswa kemudian siswa menjawabnya.
Nilai PBKB yang diharapkan: Religius, Disiplin,
Komunikatif
B. Kegiatan Inti (±65
menit)
1.
Elaborasi (±10 menit)
a. Guru
membacakan kalimat yang menggunakan pola gerund
sebagai subjek, objek, pelengkap,
dan setelah preposisi, kemudian siswa menulisnya.
b. Guru
menjelaskan dan memberikan contoh pola gerund
sebagai subjek, objek, pelengkap,
dan setelah preposisi, kemudian siswa mencatatnya.
Nilai PBKB yang diharapkan: Komunikatif
2.
Eksplorasi (±45 menit)
Siswa
mengerjakan latihan-latihan soal tentang gerund.
Nilai PBKB yang diharapkan: Disiplin, Tanggung jawab
3.
Konfirmasi (±10 menit)
Siswa
membaca bacaan/teks yang telah disediakan oleh guru kemudian menjawab
pertanyaan-pertanyaan berkaitan dengan bacaan tersebut.
Nilai PBKB yang diharapkan: Gemar membaca
C. Kegiatan Akhir (±15
menit)
1.
Guru dan siswa
membahas hasil kerja.
2.
Guru memberikan
pertanyaan kepada siswa secara lisan untuk memeriksa pemahaman siswa tentang
materi yang baru saja di bahas.
3.
Guru memberikan
tugas rumah.
4. Guru
menutup/mengakhiri pelajaran tersebut dengan mengucapkan salam kepada para
siswa sebelum keluar kelas dan siswa menjawab salam.
Nilai PBKB yang diharapkan: Religius, Disiplin,
Komunikatif, Tanggung jawab
Pertemuan ke 10
A. Kegiatan Awal (±10
menit)
1.
Guru memberikan salam kepada siswa.
2.
Guru memeriksa kehadiran siswa.
3.
Guru memeriksa tugas rumah siswa yang telah diberikan
pada pertemuan sebelumnya dan membahasnya.
Nilai PBKB yang diharapkan: Religius, Disiplin, Tanggung
jawab
B. Kegiatan Inti (±65
menit)
1.
Elaborasi (±10 menit)
a. Guru
membaca kalimat yang menggunakan too
dan enough, siswa menulisnya.
b. Guru
menjelaskan dan memberikan contoh pola kalimat yang menggunakan too dan enough, siswa mencatat penjelasan guru.
Nilai PBKB yang diharapkan: Komunikatif
2.
Eksplorasi (±45 menit)
a. Siswa
mengerjakan latihan-latihan soal tentang kalimat yang menggunakan too dan enough.
b. Siswa
membuat dialog sederhana dengan menggunakan too
dan enough.
Nilai PBKB yang diharapkan: Kreatif, Mandiri
3.
Konfirmasi (±10 menit)
Siswa mempraktikkan dialog sederhana yang
menggunakan too dan enough bersama temannya.
Nilai PBKB yang diharapkan: Kreatif
C. Kegiatan Akhir (±15
menit)
1.
Guru memeriksa
hasil kerja siswa.
2.
Guru
menyampaikan bentuk ulangan harian dan waktu pelaksanaan ulangan harian.
3.
Guru menutup/mengakhiri pelajaran tersebut dengan
mengucapkan salam kepada para siswa sebelum keluar kelas dan siswa menjawab
salam.
Nilai PBKB yang diharapkan: Religius, Disiplin,
Komunikatif
V.
Penilaian
A.
Soal
1.
Melengkapi kalimat.
1) ....I a
student?
2) ....Mrs.
Lilis a beautiful teacher?
3)
... he have a dictionary?
4) ...
Romi and Sinta eat dinner?
5) They
work hardly, ....?
6) She is
not a dancer, ....?
7)
Let’s study this material, ....?
8) I like
....(swim)
9)
(Jog) .... is my activity in the morning.
10) This
exercise is ... difficult for me. (too/enough)
2.
Pilihan ganda
1) He
never comes home late, ....?
a. Hasn’t
he? d. Did he?
b. Does
he? e. Won’t
he?
c. Didn’t
he?
2) Without his
glasses, he can’t see us, ....?
a.
Can he? d.
Will he?
b.
Does he? e.
Is he?
c.
Will he?
3) Let’s visit Dian
tomorrow, ....?
a.
Won’t we? d.
Aren’t we?
b.
Do we? e.
Don’t we?
c.
Shall we?
4) Your sister always
gets up late on Sunday, ....?
a.
Isn’t she? d.
Won’t she?
b.
Will she? e.
Will he?
c.
Does she?
5) The proposal sounds
promising, ....?
a.
Is it? d.
Was it?
b.
Does it? e.
Will it?
c.
Isn’t it?
6) She tries to keep
on.... her dreams.
a.
Building d.
Having built
b.
To build e.
Build
c.
Being build
7) Rudi and I .... in
the school last night.
a. Are d. Am
b. Were e. Was
c. Is
8) I .... the doctor
there last year.
a. Am d. Are
b. Was e. Is
c. Were
9) There .... some
stores along the beach.
a. Are d. Was
b. Is e. Is
c. Were
10) There .... bank
robbery yesterday.
a. Was d. Are
b. Were e. Am
c. Is
B.
Kunci Jawaban
a. Melengkapi kalimat
1)
Am 6)
Is she
2)
Is 7)
Shall we
3)
Does 8)
Swimming
4)
Do 9)
Jogging
5)
Don’t they 10)
Too
b. Pilihan ganda
1)
B 6)
A
2)
A 7)
B
3)
C 8)
B
4)
C 9)
A
5)
C 10)
A
C.
Rubrik Penilaian
NO
|
KETERANGAN
|
Skor
(1-10)
|
Nilai
|
Keterangan
|
1
|
Melengkapi kalimat
|
10
|
Syarat lulus, siswa minimal mencapai nilai
75
|
|
2
|
Pilihan Ganda
|
10
|
||
Jumlah
|
20
|
VI.
Alat dan Bahan
A.
LCD Proyektor
B.
Laptop
C.
Speaker
D.
VCD
E.
Gambar
F.
Buku Cerita
G.
Audio:
CeritaVisual: Gambar
H.
Audio Visual:
Video
VII.
Sumber
Belajar
A. Departemen
Pendidikan Nasional, 2000, Global Access to the World of Work Book
2, 3. Sawangang: PPPGK.
B. Wiyono, Tri Suko
Bambang, dkk. 2004. Pelajaran Bahasa Inggris untuk SMK Kelas
2. Jakarta: Balai Pustaka.
C. Taparena, Datik dan
Supadmi. 2011. Modul Prasasti Bahasa Inggris Kelas XI. Surakarta: Kharisma Putra.
D. Suryana, Nanan.
2007. Bring Me To The World of a Professional Worker English For Vocational
School Book 2. Jakarta: Armico.
Mengetahui, ................................
Kepala
Sekolah Guru
Mata Pelajaran
................................ .................................
Tidak ada komentar:
Posting Komentar