KD. 2.4
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Mata Pelajaran : Bahasa Inggris
Kelas/Semester : XI/3
Pertemuan Ke- : 21-25
Alokasi Waktu : 10x45 menit
Standar Kompetensi : Berkomunikasi
dengan Bahasa Inggris setara level
Elementary
Kompetensi Dasar : K.D.2.4.
Menceritakan pekerjaan di masa lalu dan rencana kerja yang akan datang.
Indikator :
Aspek
|
Indikator
|
Nilai PBKB yang dikembangkan
|
Kognitif
|
Ungkapan tentang kegiatan masa
lampau dikemukakan dengan benar.
|
Bersahabat /
Komunikatif
|
Psikomotorik
|
Ungkapan untuk
mengemukakan kegiatan di masa datang digunakan dalam Tense yang benar.
|
Kreatif
|
Afektif
|
Surat pribadi yang
menceritakan tentang kehidupan masa lalu dan rencana di masa depan ditulis
dengan benar.
|
Kreatif
|
I.
Tujuan
Pembelajaran
A. Siswa
dapat menggunakan ungkapan tentang kegiatan masa
lampau dikemukakan dengan benar.
B. Siswa
dapat menggunakan ungkapan untuk mengemuka-kan
kegiatan di masa datang digunakan dalam Tense
yang benar.
C. Siswa
dapat membuat surat pribadi yang menceritakan tentang
kehidupan masa lalu dan rencana di masa depan ditulis dengan benar.
II.
Materi
Pembelajaran
A. Language Focus
1.
Telling
about past events
a.
I
saw the crowds were helping the accident victim.
b. We had locked the room when she came.
2.
Telling
about future plans
I will
visit Surabaya in the next holiday.
3. Sample of a personal letter (telling about past and future events)
B. Grammar review
1. Past Continuos Tense
2. Past Perfect Tense
3. Simple Future Tense
4. Future Continuous Tense
III.
Metode
Pembelajaran
A.
Model pembelajaran :
Role Play (bermain peran), Latihan
B.
Metode :
Ceramah, Tanya jawab
IV.
Langkah-langkah
Pembelajaran
Pertemuan
ke
21
A. Kegiatan
Awal (±10 menit)
1. Guru memberikan salam kepada siswa.
2. Guru memeriksa kehadiran siswa.
3. Guru menyampaikan materi yang akan dibahas dan
tujuan pembelajaran.
4. Guru memberikan apersepsi dengan cara
memberikan pertanyaan kepada siswa kemudian siswa menjawabnya.
Nilai PBKB yang diharapkan: Religius,
Disiplin, Komunikatif
B. Kegiatan
Inti (±65 menit)
1. Eksplorasi
(±10 menit)
Guru
bercerita tentang aktifitasnya yang dilakukan pada waktu lampau, siswa
mendengarkan.
Nilai PBKB yang diharapkan: Komunikatif
2.
Elaborasi (±45
menit)
a. Guru meminta beberapa siswa untuk bercerita
singkat tentang aktifitas yang dilakukan pada waktu lampau.
b. Guru menjelaskan dan memberikan contoh pola
kalimat Past Continuous Tense dan Past Perfect Tense.
Nilai PBKB yang diharapkan: Kreatif,
Komunikatif
3. Konfirmasi
(±10 menit)
Siswa
mengerjakan latihan-latihan soal.
Nilai PBKB yang diharapkan: Mandiri
C. Kegiatan
Akhir (±15 menit)
1.
Guru memeriksa hasil kerja siswa.
2.
Guru memberikan tugas rumah.
3.
Guru menutup/mengakhiri pelajaran tersebut dengan mengucapkan salam
kepada para siswa sebelum keluar kelas dan siswa menjawab salam.
Nilai PBKB yang diharapkan: Religius,
Disiplin, Tanggung jawab
Pertemuan
ke
22
A. Kegiatan
Awal (±10 menit)
1. Guru memberikan salam kepada siswa.
2. Guru memeriksa kehadiran siswa.
3. Guru memeriksa tugas rumah siswa yang telah
diberikan pada pertemuan sebelumnya dan membahasnya.
Nilai PBKB yang diharapkan: Religius,
Disiplin, Tanggung jawab
B. Kegiatan
Inti (±65 menit)
1. Eksplorasi
(±10 menit)
Guru
me-review materi yang telah dijelaskan pada pertemuan sebelumnya dengan cara
bertanya kepada siswa secara acak.
Nilai PBKB yang diharapkan: Demokratis
2. Elaborasi
(±45 menit)
Siswa
menuliskan aktifitas yang dilakukan pada waktu lampau, kemudian membacakan di
depan kelas, dan siswa yang lain memberikan komentar.
Nilai PBKB yang diharapkan: Kreatif,
Komunikatif
3. Konfirmasi
(±10 menit)
Siswa
menerjemahkan bacaan/teks singkat yang menceritakan aktifitas yang dilakukan
pada waktu lampau.
Nilai PBKB yang diharapkan: Kreatif,
Mandiri
C. Kegiatan
Akhir (±15 menit)
1. Guru memeriksa dan membahas hasil kerja siswa.
2. Guru memberikan tugas rumah kepada siswa.
3. Guru menyampaikan materi yang akan dibahas
pada pertemuan selanjutnya dan meminta siswa untuk mempersiapkan/mempelajari
materi.
4. Guru menutup/mengakhiri pelajaran tersebut
dengan mengucapkan salam kepada para siswa sebelum keluar kelas dan siswa
menjawab salam.
Nilai PBKB yang diharapkan: Religius,
Disiplin, Tanggung jawab
Pertemuan
ke
23
A. Kegiatan
Awal (±10 menit)
1. Guru memberikan salam kepada siswa.
2. Guru memeriksa kehadiran siswa.
3. Guru membahas tugas rumah yang telah diberikan
pada pertemuan sebelumnya.
4. Guru menyampaikan materi yang akan dibahas dan
tujuan pembelajaran.
5. Guru memberikan apersepsi dengan cara
memberikan pertanyaan kepada siswa kemudian siswa menjawabnya.
Nilai PBKB yang diharapkan: Religius,
Disiplin, Komunikatif, Tanggung jawab
B. Kegiatan
Inti (±65 menit)
1.
Eksplorasi (±10
menit)
Guru
membacakan sebuah teks yang berisi tentang perencanaan, siswa memperhatikan dan
menjawab pertanyaan yang disediakan oleh guru.
Nilai PBKB yang diharapkan: Komunikatif
2. Elaborasi
(±45 menit)
Guru
menjelaskan dan memberikan contoh pola kalimat Simple Future Tense dan Future
Continuous Tense kemudian siswa mencatatnya.
Nilai PBKB yang diharapkan: Komunikatif
3. Konfirmasi
(±10 menit)
Siswa
mengerjakan latihan-latihan soal.
Nilai PBKB yang diharapkan: Mandiri
C. Kegiatan
Akhir (±15 menit)
1. Guru memeriksa dan membahas hasil kerja siswa.
2. Guru memberikan tugas rumah.
3. Guru menutup/mengakhiri pelajaran tersebut
dengan mengucapkan salam kepada para siswa sebelum keluar kelas dan siswa
menjawab salam.
Nilai PBKB yang diharapkan: Religius,
Disiplin, Tanggung jawab
Pertemuan
ke
24
A. Kegiatan
Awal (±10 menit)
1. Guru memberikan salam kepada siswa.
2. Guru memeriksa kehadiran siswa.
3. Guru memeriksa dan membahas tugas rumah yang
telah diberikan pada pertemuan sebelumnya.
Nilai PBKB yang diharapkan: Religius,
Disiplin, Tanggung jawab
B. Kegiatan
Inti (±65 menit)
1. Eksplorasi
(±10 menit)
Guru
me-review materi yang telah dijelaskan pada pertemuan sebelumnya dengan cara
bertanya kepada siswa secara acak.
Nilai PBKB yang diharapkan: Komunikatif
2. Elaborasi
(±45 menit)
Siswa
menuliskan aktifitas yang akan dilakukan pada waktu yang akan datang, kemudian
membacakan di depan kelas, dan siswa yang lain memberikan komentar.
Nilai PBKB yang diharapkan: Kreatif
3.
Konfirmasi (±10
menit)
Siswa
menerjemahkan bacaan/teks singkat yang menceritakan aktifitas yang akan
dilakukan pada waktu yang akan datang.
Nilai PBKB yang diharapkan: Kreatif
C. Kegiatan
Akhir (±15 menit)
1. Guru memeriksa dan membahas hasil/kerja siswa.
2. Guru memberikan tugas rumah.
3. Guru menyampaikan materi yang akan dibahas
pada pertemuan selanjutnya dan meminta siswa untuk mempersiapkan/mempelajari
materi.
4. Guru menutup/mengakhiri pelajaran tersebut
dengan mengucapkan salam kepada para siswa sebelum keluar kelas dan siswa
menjawab salam.
Nilai PBKB yang diharapkan : Religius,
Disiplin, Tanggung jawab
Pertemuan
ke
25
A. Kegiatan
Awal (±10 menit)
1. Guru memberikan salam kepada siswa.
2. Guru memeriksa kehadiran siswa.
3. Guru memeriksa dan membahas tugas rumah yang
telah diberikan pada pertemuan sebelumnya.
4. Guru menyampaikan materi yang akan dibahas dan
tujuan pembelajarannya.
5. Guru memberikan apersepsi dengan cara
memberikan pertanyaan kepada siswa kemudian siswa menjawabnya.
Nilai PBKB yang diharapkan:
Religius, Disiplin, Komunikatif, Tanggung jawab
B. Kegiatan
Inti (±65 menit)
1.
Eksplorasi (±10
menit)
Guru
memberikan contoh surat pribadi (personal letter) kemudian menjelaskannya.
Nilai PBKB yang diharapkan: Komunikatif
2.
Elaborasi (±45
menit)
Guru
menyediakan surat pribadi kemudian siswa menganalisisnya.
Nilai PBKB yang diharapkan: Mandiri
3.
Konfirmasi (±10
menit)
Siswa
membuat surat pribadi.
Nilai PBKB yang diharapkan: Kreatif,
Mandiri
C. Kegiatan
Akhir (±15 menit)
1.
Guru memeriksa hasil kerja siswa.
2.
Guru menyampaikan bentuk ulangan harian dan waktu pelaksanaan ulangan
harian.
3.
Guru menutup/mengakhiri pelajaran tersebut dengan mengucapkan salam
kepada para siswa
sebelum keluar kelas dan siswa menjawab salam.
Nilai PBKB yang diharapkan: Religius,
Disiplin, Komunikatif, Tanggung jawab
V.
Penilaian
A. Soal
1. Find out the
past and the perfect participle form of the following verbs!
1)
Go = =
2)
Take = =
3)
Stand = =
4)
Bring = =
5)
Enjoy = =
6)
Swim = =
7)
Drink = =
8)
Move = =
9)
Jump = =
10)
Sing = =
2.
Change
into Present Perfect Tense!
1) You have practiced
soccer since 5 years ago.
(-)
......................................
(?)
......................................
2) Andi has played
badminton since seventh grade.
(-)
......................................
(?)
......................................
3) Have you studied
for the test?
(+)
......................................
(-) ......................................
4) Intan hasn’t known
the latest news.
(+) ......................................
(?) ......................................
5) Has she eaten her
birthday cake?
(+) ......................................
(-) ......................................
B. Kunci Jawaban
1. Find out the
past and the perfect participle form of the following verbs!
1)
Go =
went
= gone
2)
Take = took = taken
3)
Stand = stood = stood
4)
Bring = brought = brought
5)
Enjoy
= enjoyed = enjoyed
6)
Swim = swam = swum
7)
Drink = drank = drunk
8)
Move = moved = moved
9)
Jump = jumped = jumped
10)
Sing = sang
= sung
2.
Change
into Present Perfect Tense!
1)
(-) You haven’t practiced soccer since 5 years ago.
(?)
Have you practiced soccer since 5 years ago?
2)
(-) Andi hasn’t played badminton since seventh grade.
(?)
Has Andi played badminton since seventh grade?
3)
(+) You have studied for the test.
(-)
You haven’t studied for the test.
4)
(+) Intan has known the latest news.
(?)
Has Intan known the latest news?
5)
(+) She has eaten her birthday cake.
(-)
She hasn’t eaten her birthday cake.
C. Rubrik
Penilaian
NO
|
KETERANGAN
|
Skor
(1-10)
|
Nilai
|
Keterangan
|
1
|
Find out the past and the perfect participle form of the following verbs!
|
|
10
|
Syarat lulus,
siswa minimal mencapai nilai 75
|
2
|
Change into Present Perfect Tense!
|
|
10
|
|
|
Jumlah
|
|
20
|
VI.
Alat
dan bahan
A. LCD
Proyektor
B. Laptop
C. Speaker
D. VCD
E. Gambar
F. Buku
Cerita
G. Audio:
Cerita
H. Visual:
Gambar
I. Audio
Visual: Video
VII.
Sumber Belajar
A. Departemen
Pendidikan Nasional, 2000, Global Access to the World of Work
Book 2, 3. Sawangang: PPPGK.
B. Wiyono, Tri Suko
Bambang, dkk. 2004. Pelajaran Bahasa Inggris untuk SMK Kelas
2. Jakarta: Balai Pustaka.
C. Taparena, Datik dan
Supadmi. 2011. Modul Prasasti Bahasa
Inggris Kelas XI. Surakarta:
Kharisma Putra.
D. Suryana, Nanan.
2007. Bring Me To The World of a Professional Worker English For Vocational
School Book 2. Jakarta: Armico.
Mengetahui,
...................................
Kepala
Sekolah Guru
Mata Pelajaran
................................ .....................................
Tidak ada komentar:
Posting Komentar