KD. 2.2
RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
Mata Pelajaran :
Bahasa Inggris
Kelas/Semester :
XI/3
Pertemuan Ke- :
11-15
Alokasi Waktu :
10x45 menit
Standar
Kompetensi : Berkomunikasi dengan Bahasa Inggris setara level Elementary
Kompetensi
Dasar : K.D. 2.2. Memahami percakapan sederhana sehari-hari baik dalam
konteks profesional maupun pribadi dengan orang bukan penutur asli
Indikator :
Aspek
|
Indikator
|
Nilai PBKB yang dikembangkan
|
Kognitif
|
Ucapan salam (greetings) pada saat menerima pesan digunakan secara tepat.
|
Bersahabat / Komunikatif
|
Psikomotorik
|
Pesan (message)
yang diterima lewat telepon dicatat dengan benar.
|
Mandiri
|
Afektif
|
Pesan (message)
yang diterima secara langsung dicatat dengan benar.
|
Mandiri
|
I.
Tujuan
Pembelajaran
A.
Siswa dapat mencatat pesan (message)
yang diterima lewat telepon dicatat dengan benar.
B.
Siswa dapat mencatat pesan (message)
yang diterima secara langsung dicatat dengan benar.
II.
Materi Pokok
1.
Language
Focus
Expressions
dealing with telephone conversations
1.
Can I speak
to Arifin, please?
2.
Hello. This
is Andini.
2.
Grammar
Review:
1.
Personal
pronouns
Subject
|
Object
|
Possessive Adjective
|
Possessive Pronoun
|
Reflexive Pronoun
|
I
You
We
They
He
She
It
|
me
you
us
them
him
her
it
|
my
your
our
their
his
her
its
|
mine
yours
ours
theirs
his
hers
its
|
myself
yourself
ourself
themself
himself
herself
itslef
|
2.
Reported
speech
a.He said that
you had to pay for the tickets
b.
He asked you
to pay for the tickets.
c.He wanted to know
if you would be available in the afternoon.
d.
He wanted to
know where you put his umbrella.
3.
Adjective
Clause
Do you know
the staff who will be promoted our new division manager?
III.
Metode Pembelajaran
A. Model pembelajaran
: Role Play (bermain peran), Latihan
B. Metode : Ceramah,
Tanya jawab
IV.
Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan ke 11
A. Kegiatan Awal (±10
menit)
1.
Guru memberikan salam
kepada siswa.
2.
Guru memeriksa
kehadiran siswa.
3.
Guru menyampaikan
materi yang akan dibahas dan tujuan pembelajaran.
4.
Guru memberikan pertanyaan kepada siswa kemudian siswa menjawabnya.
Nilai
PBKB yang diharapkan: Religius, Disiplin, Komunikatif
B. Kegiatan Inti (±65
menit)
1. Eksplorasi (±10 menit)
a. Guru membaca dialog dalam telepon, siswa
mendengarkan, dan menjawab pertanyaan yang diajukan oleh guru.
b. Guru menjelaskan dan memberikan contoh tentang
personal pronouns.
Nilai
PBKB yang diharapkan: Komunikatif
2. Elaborasi (±45 menit)
Siswa mencatat
penjelasan guru.
Nilai
PBKB yang diharapkan: Mandiri
3. Konfirmasi (±10 menit)
a. Siswa mengerjakan latihan-latihan soal tentang
personal pronouns.
b. Siswa membuat dialog sederhana dengan
menggunakan on the phone.
Nilai
PBKB yang diharapkan: Kreatif, Mandiri
C. Kegiatan Akhir (±15
menit)
1. Guru memeriksa hasil kerja siswa.
2. Guru memberikan tugas rumah.
3. Guru menutup/mengakhiri pelajaran tersebut dengan
mengucapkan salam kepada para siswa sebelum keluar kelas dan siswa menjawab
salam.
Nilai
PBKB yang diharapkan: Religius, Menghargai prestasi, Tanggung jawab
Pertemuan
ke 12
A. Kegiatan Awal (±10
menit)
1.
Guru memberikan salam
kepada siswa.
2.
Guru memeriksa
kehadiran siswa.
3.
Guru memeriksa tugas
rumah siswa yang telah diberikan pada pertemuan sebelumnya dan membahasnya.
Nilai
PBKB yang diharapkan: Religius, Disiplin, Tanggung jawab
B. Kegiatan Inti (±65
menit)
1.
Eksplorasi (±10 menit)
Guru me-review
materi yang telah dijelaskan pada pertemuan sebelumnya dengan cara bertanya
kepada siswa secara acak.
Nilai
PBKB yang diharapkan: Komunikatif
2.
Elaborasi (±45 menit)
1. Siswa mempraktikkan dialog sederhana yang
menggunakan ekspresi on the phone (yang
telah dibuat pada pertemuan sebelumnya) bersama temannya di depan kelas.
2. Siswa membaca bacaan/teks yang telah
disediakan oleh guru dan kemudian menjawab pertanyaan-pertanyaan yang berkaitan
dengan bacaan tersebut.
Nilai
PBKB yang diharapkan: Kreatif, Gemar membaca
3.
Konfirmasi (±10 menit)
Siswa membuat
karangan dengan menggunakan personal
pronouns.
Nilai
PBKB yang diharapkan: Kreatif, Mandiri
C. Kegiatan Akhir (±15
menit)
1. Guru memeriksa dan membahas hasil/kerja siswa.
2. Guru menyampaikan materi yang akan dibahas
pada pertemuan selanjutnya dan meminta siswa untuk mempersiapkan/mempelajari
materi.
3. Guru menutup/mengakhiri pelajaran tersebut dengan
mengucapkan salam kepada para siswa sebelum keluar kelas dan siswa menjawab
salam.
Nilai
PBKB yang diharapkan: Religius, Menghargai prestasi, Komunikatif
Pertemuan
ke 13
A. Kegiatan Awal (±10
menit)
1. Guru memberikan salam kepada siswa.
2. Guru memeriksa kehadiran siswa.
3. Guru membahas tugas rumah yang telah diberikan pada
pertemuan sebelumnya.
4. Guru menyampaikan materi yang akan dibahas dan tujuan
pembelajaran.
Nilai
PBKB yang diharapkan: Religius, Disiplin, Komunikatif
B. Kegiatan Inti (±65
menit)
1.
Eksplorasi (±10 menit)
a. Guru membaca dialog tentang penyampaian pesan,
siswa mendengarkan, dan menjawab pertanyaan yang diajukan oleh guru.
b. Guru menjelaskan dan memberikan contoh tentang
reported speech.
Nilai
PBKB yang diharapkan: Komunikatif
2.
Elaborasi (±45 menit)
a. Siswa mencatat penjelasan guru.
b. Siswa mengerjakan latihan-latihan soal tentang
reported speech.
Nilai
PBKB yang diharapkan: Mandiri
3.
Konfirmasi (±10 menit)
Siswa membaca
bacaan/teks yang telah disediakan oleh guru kemudian menjawab
pertanyaan-pertanyaan yang berkaitan dengan bacaan.
Nilai
PBKB yang diharapkan: Gemar membaca
C. Kegiatan Akhir (±15
menit)
1.
Guru memeriksa dan membahas hasil/kerja siswa.
2.
Guru memberikan tugas rumah.
3.
Guru menutup/mengakhiri
pelajaran tersebut dengan mengucapkan salam kepada para siswa sebelum keluar
kelas dan siswa menjawab salam.
Nilai
PBKB yang diharapkan: Religius, Menghargai prestasi, Tanggung jawab
Pertemuan ke 14
A. Kegiatan Awal (±10
menit)
1.
Guru memberikan salam
kepada siswa.
2.
Guru memeriksa
kehadiran siswa.
3.
Guru memeriksa dan
membahas tugas rumah yang telah diberikan pada pertemuan sebelumnya.
Nilai
PBKB yang diharapkan: Religius, Disiplin, Tanggung jawab
B. Kegiatan Inti (±65
menit)
1.
Eksplorasi (±10 menit)
a.
Guru me-review materi yang telah dijelaskan pada pertemuan sebelumnya
dengan cara bertanya kepada siswa secara acak.
b.
Siswa membuat kalimat yang menggunakan pola reported speech.
Nilai
PBKB yang diharapkan: Kreatif, Demokratis
2.
Elaborasi (±45 menit)
Siswa membaca bacaan/teks yang telah
disediakan oleh guru dan kemudian menjawab pertanyaan-pertanyaan yang berkaitan
dengan bacaan tersebut.
Nilai
PBKB yang diharapkan: Gemar membaca
3.
Konfirmasi (±10
menit)
Siswa membuat/menulis pesan dari telepon dan
seseorang secara langsung.
Nilai
PBKB yang diharapkan: Kreatif
C. Kegiatan Akhir (±15
menit)
1. Guru memeriksa dan membahas hasil/kerja siswa.
2. Guru memberikan tugas rumah.
3. Guru menyampaikan materi yang akan dibahas
pada pertemuan selanjutnya dan meminta siswa untuk mempersiapkan/mempelajari
materi.
4. Guru menutup/mengakhiri pelajaran tersebut dengan
mengucapkan salam kepada para siswa sebelum keluar kelas dan siswa menjawab
salam.
Nilai
PBKB yang diharapkan: Religius, Komunikatif, Tanggung jawab
Pertemuan
ke 15
A. Kegiatan Awal (±10
menit)
1.
Guru memberikan salam
kepada siswa.
2.
Guru memeriksa
kehadiran siswa.
3.
Guru memeriksa dan
membahas tugas rumah yang telah diberikan pada pertemuan sebelumnya.
4.
Guru menyampaikan
materi yang akan dibahas dan tujuan pembelajarannya.
Nilai
PBKB yang diharapkan: Religius, Disiplin, Komunikatif
B. Kegiatan Inti (±65
menit)
1.
Eksplorasi (±10 menit)
a.
Guru membacakan kalimat yang mengandung pola adjective clause kemudian siswa menulisnya.
b. Guru menjelaskan dan memberikan contoh pola
kalimat ajective clause kemudian
siswa mencatatnya.
Nilai
PBKB yang diharapkan: Komunikatif
2.
Elaborasi (±45 menit)
Siswa mengerjakan latihan-latihan soal.
Nilai
PBKB yang diharapkan: Mandiri
3.
Konfirmasi (±10 menit)
Siswa membaca bacaan/teks yang telah
disediakan oleh guru dan kemudian menjawab pertanyaan-pertanyaan yang berkaitan
dengan bacaan tersebut.
Nilai
PBKB yang diharapkan: Mandiri, Genar membaca
C. Kegiatan Akhir (±15
menit)
1.
Guru memeriksa hasil kerja siswa.
2.
Guru menyampaikan bentuk ulangan harian dan waktu pelaksanaan ulangan
harian.
3.
Guru menutup/mengakhiri
pelajaran tersebut dengan mengucapkan salam kepada para siswa sebelum keluar
kelas dan siswa menjawab salam.
Nilai
PBKB yang diharapkan: Religius, Menghargai prestasi, Komunikatif
V.
Penilaian
A. Soal
1. Change into reported
speech.
1)
Romeo asked Juliet, “Do
you really love me?”
2)
Tina asked me, “What can
I do for you?”
3)
Budi said, “Don’t speak
loudly.”
4)
She asked me, “Please
follow me.”
5)
Tika said, “I saw a film
last night.”
2. Change into direct
speech.
1)
Edi asked me if I had
completed my work.
2)
She informed me that my
mother had arrived.
3)
She asked me where I was
from
4)
He ordered me not to go
there alone.
5)
She said that she loved
me very much.
3. Combine the sentences
using who, which, whose, whom.
1)
The man is on holiday.
You wanted to meet him.
2)
Johan is very friendly.
He lives next door.
3)
Have you found the keys?
You lost them.
4)
The dress doesn’t fit
her. Susi bought it.
5)
We saw some people. Their
car had broken down.
6)
The girl is beautiful.
Dian is going to visit her.
7)
Nadia is now in hospital.
She was injured in the accident.
8)
What’s the name of he
girl? You borrowed the car.
9)
I don’t know the girl.
Joko asked about her.
10) The girl is my friend. I sent letter to her.
B. Kunci Jawaban
1. Change into reported
speech.
1)
Romeo asked Juliet if she
really love him.
2)
Tina asked me what you
can do for her.
3)
Budi said not to speak
loudly.
4)
She asked me to follow
her.
5)
Tika said that she saw a
film the night before.
2. Change into direct
speech.
1)
Edy asked, “do yu have
complete your work?”
2)
She informed me, “Your
mother has arrived.”
3)
She asked me, “Where do
you from?”
4)
He ordered, “Don’t go
here alone.”
5)
She said, “I love you
very much.”
3. Combine the sentences
using who, which, whose, whom.
1)
The man whom you want to
meet is on holiday.
2)
Johan who lives next door
is very friendly.
3)
Have you found the keys
which you lost?
4)
The dress which Susi
bought doesn’t fit her.
5)
We saw some people whose
car had broken down.
6)
The girl whom Dian is
going to visit is beautiful.
7)
Nadia who was injured in
the accident is now in hospital.
8)
What’s the name of the
girl whom you borrowed the car?
9)
I don’t know the girl
whom Joko asked about.
10) The girl whom I sent the letter is my friend.
C. Rubrik Penilaian
NO
|
KETERANGAN
|
Skor
(1-10)
|
Nilai
|
Keterangan
|
1
|
Change into reported speech
|
5
|
Syarat lulus,
siswa minimal mencapai nilai 75
|
|
2
|
Change into direct speech
|
5
|
||
3
|
Combine the sentences using who,
which, whose, whom
|
10
|
||
Jumlah
|
20
|
|||
VI.
Alat dan Bahan
A. LCD Proyektor
B. Laptop
C. Speaker
D. VCD
E. Gambar
F. Buku Cerita
G. Audio: Cerita
H. Visual: Gambar
I. Audio Visual: Video
Sumber Belajar
J. Departemen
Pendidikan Nasional, 2000, Global Access to the World of Work
Book 2, 3. Sawangang: PPPGK.
K. Wiyono, Tri Suko
Bambang, dkk. 2004. Pelajaran Bahasa Inggris untuk SMK Kelas
2. Jakarta: Balai Pustaka.
L. Taparena, Datik dan
Supadmi. 2011. Modul Prasasti Bahasa Inggris Kelas XI. Surakarta: Kharisma Putra.
M.
Suryana, Nanan. 2007. Bring Me To The World of a
Professional Worker English For Vocational School Book 2. Jakarta: Armico.
Mengetahui, Krangkeng, Juli 2013
Kepala
Sekolah Guru
Mata Pelajaran
........................... ................................
Tidak ada komentar:
Posting Komentar